Rabu, 24 Agustus 2016 - 23:31:37 WIB

Objek Wisata Andalan Pulau Tilan jadi Daya Tarik Wisatawan

Diposting oleh : bro_rompis
Kategori:

Bupati H Suyatno, bersama unsur muspida mengunjungi Pulau Tilan.

ROHIL, Beritaklik.Com - Upaya pemerintah daerah dalam menencapai pendapatan asli daerah diniali bukan hanya isapan jempol semata, buktinya Pulau Tilan disulap menjadi objek wisata yang memiliki daya tarik bagi wisatawan.

Setelah Pulau Jemur, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau juga akan meningkatkan sarana dan prasarana Pulau Tilan yang terletak di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih untuk dijadikan sebagai Objek Wisata andalan di negeri julukan Seribu Kubah.

Pulau Tilan selain bentuknya unik dan asri, namun juga merupakan salah satu objek wisata yang memukau masyarakat Rohil, hanya saja saat ini belum dipoles dengan maksimal. Keunikan di Pulau Tilan adalah memiliki air yang tenang dan tidak pernah surut serta terjaga keasriannya. Bahkan saat ini saja sudah dibangun sekitar lima buah Gazebo (tempatistirahat) yang di bangun pemda. Selain itu, hamparan rumput yang menghijau di Pulau Tilan itu juga terdapat ratusan ekor sapi yang dijadikan tempat beternak oleh kelompok tani setempat.

Pulau Tilan yang luasnya sekitar 5000 Km (dibatasi oleh Sungai Rokan) ini juga terdapat sebuah pohon Loban yang sangat besar dan diperkirakan umurnya sudah ratusan tahun, bahkan masyarakat setempat berinisiatif membuat tangga agar bias naik dan melihat panorama dari atas.

Bakal Dibangun Jembatan Gantung

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bakal membangun Jembatan gantung di Pulau Tilan, Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih untuk dijadikan salah satu objek pariwisata andalan yang ada didaerah itu.

Keindahan panorama Pulau Tilan.

"Kam melihat kondisi Pulau Tilan saat ini sangat menakjubkan sekali dan perlu dibangun Jembatan Gantung sehingga pengunjung nantinya mudah menyeberang," kata Bupati Rokan Hilir H Suyatno.

Untuk mengembangkan Pulau Tilan dan dijadikan salah satu objek wisata andalan, Bupati meminta dukungan dari DPRD Riau daerah pemilihan Rohil agar bersama-sama memikirkan bagaimana pulau tersebut menjadi sebuah pulau ternama di Provinsi Riau.

Dirinya sangat berharap legislator Riau asal daerahnya bias membantu pemerintah daerah untuk mengembangkan Pulau Tilan, sehingga diharapkan nantinya tidak hanya pengjunjung lokal yang datang di pulau itu tapi juga mampu menarik wisatawan mancanegara.

"Saya sudah meninjau sekeliling pulau ini, kalau kita Tanami pohon lindung sungguh indah sekali. Makanya saya instruksikan Dinas Kehutanan segera menyiapkan bibit dan nanti akan dilakukana cara penanaman serentak. Di Pulau Tilan ini juga perlu dibangun Jembatan Gantung sehingga pengunjung mudah menyeberang" tuturnya.

Sementaraitu, Penghulu Rantau Bais Aljufrizal meminta Pemkab Rohil untuk segera membangun Jembatan Gantung, karena buktinya tak kesadaran masyarakat terhadap objek wisata Pulau Tilan cukup tinggi.

"Buktinya hutan yang ada diseberang Pulau Tilan sampai saat ini tetap dilestarikan, ditambah lagi giatnya kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui pengumuman maupun di masjid mereka sudah malu kalau mengambil kayu itu. Makanya kita berharap apa yang disampaikan Bupati tadi Jembatan Gantung bias segera terealiasasi," harapnya.

DPRD Rohil Dukung Pemda Kembangkan Pulau Tilan

DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mendukung keinginan pemerintah setempat untuk mengembangkan objek wisata Pulau Tilan di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih.

Bupati bersama rombongan menyebrangi Pulau Tilan dengan menggunakan perahu karet.

"Kami dari DPRD mendukung sepenuhnya rencana pemda mengembangkan Pulau Tilan seperti kepeduliannya memperhatikan objek wisata lainnya yang ada di Rokan Hilir," kata Anggota DPRD Rohil Rusmanita.

Politisi Partai PDI Perjuangan Rohil ini juga mengharapkan agar pembangunan Jembatan Gantung dan fasilitas lainnya yang akan dibangun Pemkab bias terealisasi 2017. "Mudah-mudahan tahun depan APBD kita mencukupi sehingga pembangunan Jembatan Gantung itu bias segera terwujud," harapnya. (adv/hms)




Isi Komentar :
redaksiberitaklik